Picture By Tuksedo Studio

Mobil klasik yang menjadi legenda seperti Ferrari 250 GTO, Aston Martin DB5, Mercedes 300SL, dan lain sebagainya menjadi incaran para kolektor otomotif di seluruh dunia. Bahkan, di pasar lelang ada mobil-mobil tertentu yang harganya bisa mencapai hampir 1 triliun, harga yang begitu fantastis untuk sebuah mobil tentunya, dan bagi kebanyakan orang hal tersebut hanya sebagai angan-angan saja mengingat harganya yang begitu fantastis.

Namun saat ini angan-angan besar tersebut menjadi lebih dekat untuk digapai dengan hadirnya coach builders atau body-maker di seluruh dunia yang dapat membuat replika-replika dari mobil klasik yang sudah tidak diproduksi lagi. Industri otomotif Indonesia juga tidak mau ketinggalan untuk ikut andil dalam hal tersebut. Tuksedo Studio yang berlokasi di Bali menjadi coach builder satu-satunya saat ini di Indonesia.

Berdiri sekitar 5 tahun yang lalu, Tuksedo Studio sudah mereplika berbagai jenis mobil klasik dan sejauh ini sudah ada 7 unit mobil yang sudah selesai dibuat, 1 unit Mercedes 300 SL Gullwing, 1 unit Porsche 550 Spyder, dan 5 unit Porsche 356 baik model Speedster atau Coupe. Mobil-mobil ini dibangun bukan hanya sekedar mirip tampilannya saja dengan mobil aslinya, tapi mobil ini dibuat mirip hingga struktur dalamnya dengan harapan dapat memberikan rasa berkendara yang mirip dengan mobil aslinya.

Picture By Tuksedo Studio

Tidak mudah tentunya untuk membuat replika mobil-mobil tersebut semirip mungkin, dibutuhkan ratusan bahkan ribuan referensi baik mulai dari gambar hingga blueprint dari mobil-mobil yang dibuat agar menghasilkan mobil yang benar-benar mirip dengan aslinya hingga ke sudut lekukan bodi, material interior yang digunakan, bahkan aksesoris yang didapatkan ketika mobil tersebut pertama dijual dulunya akan dibuat, dan jika sparepart asli dari mobil yang akan dibuat masih dapat ditemukan di pasaran pun akan digunakan untuk melengkapi mobil yang akan dibuat. Proses pembuatannya pun tidak sebentar, butuh waktu sangat lama untuk membuatnya, mulai dari pembuatan cetakan positif dan negatif untuk bodi, hingga ke pembuatan chasis yang mirip dengan kendaraan aslinya.

 

Untuk bagian mesin dibutuhkan mobil donor untuk menjadi sistem penggerak mobil-mobil ini nantinya, mobil donor yang dipilih juga diusahakan memiliki struktur mesin yang sejenis dengan mobil yang sedang dibuat, mulai dari mesin boxer, inline-6, atau jenis mesin lainnya tergantung jenis mesin apa yang digunakan oleh unit asli dari replika tersebut. Namun bukan berarti tidak bisa menggunakan jenis mesin lain, konsumen bisa saja melakukan permintaan untuk menggunakan jenis mesin yang berbeda, baik itu demi reliabilitas ataupun performa dari mobil yang dibuat nantinya, tentu dengan sedikit memodifikasi struktur dari ruang mesin dan komponen penggerak lainnya.

Picture By Tuksedo Studio

Untuk harga dari mobil-mobil replika tersebut bervariasi tentunya, tergantung mobil apa yang kita pesan, seberapa rumit pengerjaannya, berapa banyak part original yang bisa dipakai, dan beberapa faktor lainnya. Mungkin bagi sebagian orang awam harga yang mulai dari kisaran 2 miliar rupiah dan seterusnya adalah harga yang mahal, namun harga tersebut tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga dari mobil asli di tempat lelang yang harganya bisa mencapai puluhan miliar hingga 1 triliun. Jika anda berminat untuk memesan mobil replika tersebut anda disarankan untuk datang ke workshopnya langsung yang berlokasi di kabupaten Gianyar Bali untuk berdiskusi tentang bagaimana dan seperti apa mobil yang ingin anda pesan. Tertarik untuk memesan?