Xiaomi, siapa yang tidak mengenal perusahaan teknologi asal Tiongkok satu ini? Perusahaan yang mulai berdiri pada tahun 2010 lalu ini berkomitmen untuk menjadi perusahaan teknologi dengan kualitas yang baik namun memiliki harga yang terjangkau. Konsisten terhadap komitmennya sejak pertama kali hingga saat ini membuat Xiaomi dapat bersaing bersama berbagai perusahaan teknologi lain di seluruh dunia dengan sangat kompetitif. Pada awalnya Xiaomi hanya membuat smartphone, namun kini produknya sudah berbagai macam, mulai dari smartphone, smart tv, bahkan mobil listrik.


pict by mi.com

Pada pasar smartphone, Xiaomi dikenal dengan produk mid-range mereka yaitu Redmi. Setiap produk Redmi mereka selalu memberikan spesifiksi yang sangat tinggi untuk harga yang ditawarkan, contohnya Redmi Note 13 Pro 5G yang belum lama meluncur. Smartphone ini dibekali processor snapdragon 7s Gen 2, kamera 200 MP, layar Amoled 1.5K, memori penyimpanan hingga 256GB, dan berbagai fitur unggulan lainnya dengan harga hanya 4,4 juta rupiah, sedangkan para pesaing lain dengan spesifikasi serupa sudah mencapai harga di atas 5 juta rupiah. Tentu saja hal ini membuat konsumen sering kali lebih memilih Xiaomi dibanding kompetitor lain karena value for money yang sangat baik.


pict by rucashk.com

Tidak berhenti disitu, produk lain Xiaomi yang tidak kalah menarik adalah smart tv mereka. Xiaomi menawarkan smart tv berukuran 32 inchi hanya dengan harga 1,7 juta rupiah saja, sedangkan kompetitor lain dengan produk serupa sudah mencapai harga lebih dari 2 juta rupiah. Xiaomi juga menjamah berbagai produk rumah tangga, mulai dari air fryer, hair dryer, smart door lock, bahkan hingga robot vaccum cleaner yang menghasilkan sebuah ekosistem pengguna yang sangat mudah digunakan bagi para pengguna produk Xiaomi melalui aplikasi Mi Home. Hal ini memberikan dampak besar bagi pasar global tentunya, saat ini kita dapat melihat adanya efek domino dengan terjadinya penekanan harga pada produk-produk teknologi yang membuat kita sebagai konsumen semakin diuntungkan.


pict by notebookcheck.net

Pasar global juga kini tidak bisa lagi memandang produk asal Tiongkok dengan sebelah mata, Xiaomi telah membuktikan ke pasar global dengan sumber daya yang mereka miliki bahwa produk yang berkualitas tidak selalu berharga tinggi, Xiaomi juga membuktikan kepada kita para konsumen bahwa mereka berpegang teguh bahwa mereka akan terus memberikan produk yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. Saat ini bahkan Xiaomi sudah melincurkan mobil listrik mereka yang diberi nama SU7, mobil listrik ini bahkan diklaim dapat menempuh jarak hingga 700km lebih dalam satu kali siklus baterai penuh, dan harga yang ditawarkan hanya 300 ribu yuan atau sekitar 650 juta rupiah. lagi-lagi Xiaomi ingin membuktikan pada pasar global bahwa produk berkualitas baik tidak harus berharga mahal.


pict by mi.com

Saat ini kita tinggal menunggu dan melihat bagaimana perusahaan teknologi asal Tiongkok satu ini untuk mengacak-acak pasar global dengan produknya. Apakah ada dari Anda yang sudah menggunakan ekosistem produk Xiaomi di kehidupan sehari-hari? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar!