Sepertinya sebagian besar pengguna media sosial Instagram, TikTok, dan X sudah tidak asing dengan lagu mereka. Mereka dibentuk pada tahun 2019 yang dinaungi label Sony Music Entertainment, terdiri dari Ayase sebagai produser dan Ikura sebagai penyanyi serta penulis lagu. Duo ini telah merilis lagu berdasarkan novel yang dikirim di monogatary.com yang mana ini sesuai dengn slogan mereka yaitu “Novel into Music”. Debut mereka pada tahun 2019 “Yoru ni Kakeru” menjadi viral pada saat 2020 dimana Covid sedang melanda dunia.
pict by nme.com
Yoru ni Kakeru bertengger di Billboar Japan Hot 100 selama 6 minggu berturut-turut dan menjadi lagu non-album pertama yang melebihi 500 juta stream. YOASOBI juga menjadi duo musisi pertama dalam kurun waktu 71 tahun yang tampil di televisi tanpa merilis album dengan tampil dalam acara NHK Kohaku Uta Gassen pada malam tahun baru di penghujung 2020. Pada awal tahun 2021 YOASOBI akhirnya merilis album pertama mereka yaitu The Book yang hingga akhir tahun 2021 terjual hingga 150 ribu copy.
pict by billboard.com (Kato Shumpei)
YOASOBI kemudian mulai menjalin berbagai kerja sama proyek musik baik untuk iklan, acara televisi, hingga anime. Lagu berjudul “Idol” merupakan salah satu hasil kerja sama untuk opening theme anime berjudul “Oshi no Ko” yang mana lagu ini mampu bertahan selama 22 minggu berturut-turut di puncak Billboard, sejarah baru lagi bagi lagu Jepang tentunya. YOASOBI telah melakukan tour konser mereka sejak tahun 2023, dan pada Januari kemarin Indonesia menjadi bagian dari tour mereka.
pict by x.com/YOASOBI_staff
Dengan popularitas yang diraih dalam waktu cukup singkat, YOASOBI tentu meraih berbagai penghargaan bergengsi, mulai dari MTV Video Music Awards Japan, Japan Gold Disc Award, TikTok Trend Award, JASRAC Award, dan berbagai penghargaan bergengsi lainnya. Masih besar kemungkinan kita akan kembali disuguhkan berbagai penghargaan-penghargaan baru yang diraih mereka dari hasil karyanya yang selalu memeriahkan dunia hiburan.