Picture by hyundaimobil.co.id

Seperti yang kita ketahui sejauh ini Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik paling laris di Indonesia saat ini, hal ini dikarenakan mobil ini memiliki fitur yang berlimpah, harga yang tidak semahal Tesla yang dekat ke angka 1,5 miliar dan juga mampu menempuh hingga 450 km lebih dalam satu kali pengisian daya baterai. Performanya pun cukup baik dengan tenaga 217 hp dan torsi 350 Nm untuk varian long range yang disalurkan melalui satu motor listrik di roda belakang.

Namun seperti yang kita ketahui bahwa mobil listrik menghasilkan sensasi berkendara yang menyenangkan itu sebagian besar dihasilkan oleh sensasi tenaga yang instan dari awal, sedangkan bagi sebagian penggemar otomotif sensasi berkendara yang dihasilkan dari suara mesin ICE (Internal Combustion Engine), sensasi penyaluran tenaga khas mesin ICE, dan sensasi perpindahan gigi yang dihasilkan mekanisme gearbox menjadi hal penting dalam menghasilkan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Picture by topgear.com

Kabar baiknya saat ini Hyundai telah menghadirkan solusi tentang kesenangan dalam berkendara itu dengan hadirnya Hyundai Ioniq 5 N yang dipamerkan pada Festival of Speed Goodwood, Inggris, pada bulan Agustus kemarin. Hyundai menghadirkan Hyundai Ioniq 5 N yang merupakan versi lebih bertenaga dari Ioniq 5 biasa dan juga lebih menyenangkan untuk dikendarai karena mobil ini memiliki simulasi gearbox, suara mesin yang dihasilkan oleh artificial intelligence, bahkan ada drift mode! Mungkin hal ini memang tidak sempurna, namun jelas hal ini bisa menjadi solusi yang cukup baik di masa depan saat di mana kendaraan dengan mesin ICE sudah tidak lagi diproduksi karena berbagai alasan kondisi.

Tentu bukan hanya hal tadi yang ditawarkan, mobil ini juga menawarkan tenaga yang sangat besar yaitu sekitar 641 hp dan juga torsi 740 nm, tenaga tersebut bukan tenaga yang kecil apa lagi untuk sebuah mobil hatchback. Dengan tenaga sebesar itu dan berbagai fitur yang dapat menghasilkan sensasi berkendara yang mendekati mobil konvensional, sepertinya Hyundai memang sangat serius mendengarkan keluhan dari para penggemar otomotif di seluruh dunia yang mengeluhkan tentang sensasi berkendara dari mobil listrik pada umumnya yang terkesan membosankan.

Picture by topgear.com

Fitur-fitur tersebut tentunya bukan sekedar gimmick, bahkan kita akan mendapatkan sensasi seperti mobil yang terkena rev limiter ketika simulasi putaran mesin sudah mencapai batas RPM maksimalnya. Drift mode yang dimiliki mobil ini juga sangat menarik karena memiliki fitur Torque Kick Drift yang mampu menghasilkan sensasi menendang kopling saat melakukan drift pada mobil bertransmisi manual, tentu hal ini membuat sensasi berkendara dari Hyundai Ioniq 5 N semakin dekat dengan mobil konvensional yang banyak diharapkan para penggemar otomotif.

Picture by topgear.com

Dengan berbagai fitur yang dapat menambah sensasi berkendara yang menyenangkan tentunya ini menjadi angin segar bagi para penggemar otomotif. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada konfirmasi apakah Hyundai Ioniq 5 N akan dijual di Indonesia atau tidak, meskipun di negara tetangga seperti Australia mobil ini kabarnya akan mulai dijual pada kuartal 1 2024 dengan bandrol harga sekitar 1 miliar rupiah, tentu jika masuk ke Indonesia akan ada penyesuaian harga karena pajak import dan lain-lain. Untuk saat ini kita hanya dapat menunggu kabar tentang masuk atau tidaknya mobil ini ke Indonesia, terutama bagi para penggemar otomotif yang tentunya akan menjadi kabar baik jika mobil ini masuk ke Indonesia.